Investigasi Hukum

PENJAHAT TERBESAR SYDNEY TAHUN 1980AN TERTANGKAP

SYDNEY, KOMPAS.com — Setelah tiga dekade, kepolisian Sydney, Australia, akhirnya berhasil menangkap pelaku kejahatan terbesar yang tidak terungkap, yakni pengeboman pengadilan keluarga dan pembunuhan di kota itu tahun 1980-an.

Serangan itu terjadi antara tahun 1980 dan 1985, dan sasarannya adalah hakim Pengadilan Keluarga Australia dan keluarganya, pengacara, serta anggota komunitas. Kepolisian menyebut total korban sebanyak empat orang.

Hakim Pengadilan Keluarga, David Opas, ditembak di luar rumahnya, hakim Richard Gee terluka akibat bom yang diledakkan di rumahnya, dan bom lainnya menewaskan istri hakim Ray Watson.

Korban lainnya adalah Stephen Blanchard yang tewas ditembak dan Menteri Saksi Jehovah, Graham Wykes, tewas dalam serangan bom di aula gereja.

Tiga tahun lalu, detektif yang berdinas di unit penyelidikan kasus pembunuhan memulai penyelidikan terhadap kasus tersebut.

Pada Rabu (29/7/2015) pagi, Pasukan Penyelidik tersebut dibantu oleh personel dari Unit Taktis menangkap pria berusia 68 tahun di Campbelltown.

Penelusuran ABC menyebutkan, pria itu bernama Leonard John Warwick, orang yang dicari-cari dalam penyelidikan itu. 

Dia dibawa ke Kantor Polisi Narellan di mana akhirnya didakwa dengan sejumlah dugaan pelanggaran, termasuk empat kasus pembunuhan dan percobaan pembunuhan.

“Bukti-bukti yang berhasil kami kumpulkan termasuk bukti baru sangat signifikan, barang-barang bukti yang ada sebelumnya kami tingkatkan penelitiannya dengan menggunakan teknologi yang tidak tersedia 30 tahun yang lalu,” kata Wakil Komisaris Nick Kaldas.

“Kegigihan para detektif yang terlibat, profesionalisme, dan komitmen yang telah ditunjukan oleh tim yang dipimpin oleh Inspektur Detektif Pam Young sangat luar biasa.”

Detektif Inspektur Mick Willing mengatakan, penangkapan pria itu adalah puncak dari kerja keras timnya selama tiga tahun.

“Tiga tahun merupakan waktu yang lama, tetapi kasus ini sudah berlangsung selama 30 tahun, dan pesannya adalah kami tidak pernah menyerah dan akan terus menginvestigasi kasus ini,” tegasnya.

Menurut Mick Willing, keluarga korban dalam kasus itu diinformasikan mengenai penangkapan pelaku pada Rabu pagi dan mengaku terkejut sekaligus merasa lega.

Sue Chapman, anak dari Hakim Watson, yang istrinya Pearl juga ikut tewas dalam serangan bom di rumah mereka, mengatakan, penangkapan itu memberikan ketenangan.

“Saya sangat berterima kasih karena akhirnya polisi bisa menangkap seseorang,” katanya.

Ketua Mahkamah Keluarga, Diana Bryant, mengatakan dalam sebuah pernyataan, dirinya berterima kasih kepada polisi karena akhirnya bisa menangkap pelaku setelah begitu lama kasus kejahatan itu tidak memiliki kejelasan.

Dia menolak untuk membuat komentar lebih lanjut sampai proses peradilan selesai.

Puluhan petugas telah melakukan pencarian besar-besaran hingga ke rumah pelaku Leonard John Warwick di wilayah pedesaan di Douglas Park, dan telah mengubrak-abrik seluruh isi rumah, garasi, dan gudang besar. Di antara barang yang diperiksa oleh polisi adalah sebuah perahu, sedikitnya satu buah kendaraan, dan kotak yang berserakan di halaman rumput rumah itu.

Pada tahun 1984, polisi menawarkan hadiah 500.000 dollar Australia untuk informasi tentang serangan di Mahkamah Keluarga itu (www.kompas.com)