Investigasi Hukum

Ayah Mirna Tangkis Semua Gosip Mengenai Kisah Cinta Segitiga

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini, polisi belum membuka motif pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin (27). Namun, penyidik telah menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka.

Sejumlah kabar berembus terkait motif kasus pembunuhan tersebut, di antaranya dendam terkait bisnis dan hubungan spesial di antara Jessica dan Mirna.

Selain itu, ada kabar angin yang menyebut suami Mirna, Arief Soemarko, pernah menjalin hubungan asmara dengan Jessica di Australia, sebelum menikahi Mirna.

Ayahanda Mirna, Dermawan Salihin, membantah kabar angin tersebut.

“Enggak ada, itu kata siapa?” kata Dermawan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/2/2016) malam.

Dermawan yakin tak ada hubungan asmara Arief Soemarko dan Jessica sebelum menikahi Mirna walaupun ketiganya sempat kuliah di Australia sejak 2008.

“Arief itu enggak berhubungan langsung dengan dia (Jessica). Kan Arif lain kota, dia di Melbourne,” katanya.

Menurut Dermawan, kabar pernah adanya hubungan asmara menantunya dan Jessica tersebut tak berdasar.

“Pacaran? Engggak ada. Ngarang itu. Jangan buat yang simpar siur,” ucapnya.

Dermawan mengharapkan semua pihak tidak menduga-duga perihal motif kasus pembunuhan terhadap putrinya. Ia menyerahkan ke pihak kepolisian untuk mengungkap motif kasus yang sebenarnya.

Dermawan sendiri mengaku tidak mengenal Jessica. Seingat dia, Jessica tidak pernah menemui Mirna di rumahnya, Sunter, Jakarta Utara. Ia baru bertemu dengan Jessica sewaktu putrinya berada di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

“Kalau Hani pernah ke rumah. Kalau Hani enggak ada masalah. Saya juga pernah (bicara) dengan Hani,” ujarnya.

Dermawan yakin menantunya tidak terkait dengan meninggalnya Mirna. “Arif baik, pekerjaannya baik. Dia pekerjaannya wiraswasta,” ujar Dermawan.

Wayan Mirna Salihin meninggal seusai meminum es kopi vietnam yang dipesan oleh Jessica Kumala Wongso di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta, 6 Januari 2016 lalu.

Dari penyelidikan polisi, ditemukan zat racun sianida dari sisa kopi yang diminum dan dari lambung Mirna.

Polisi menetapkan Jessica sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Mirna pada Jumat, 29 Januari 2016, dan menangkapnya di hotel sehari kemudian.

Mirna dan Jessica merupakan teman lama. Keduanya kuliah dengan jurusan berbeda di Billyblue Collage of Design, Sydney, Australia. Sementara itu, Arief Soemarko menempuh pendidikan di kota lain, Melbourne, Australia.

Sebelum ditahan polisi, Jessica pernah membantah kabar hubungan sejenis dirinya dengan Mirna. Ia mengaku tidak tertarik dengan perempuan.

Meski begitu, Jessica mengakui mengenal Arief Soemarko, suami Mirna, sebelum keduanya menikah.

Namun, Jessica jarang bertemu dengan Arief dan pertemuannya dengan Arief selalu bersama Mirna.

Sebelum minum kopi bersama Mirna dan Hani, Jessica pernahnongkrong besama Arief dan Jessica di Jakarta. (Abdul Qodir)