Investigasi Hukum

Aktivis 98 Dukung Ahok-Djarot dalam Pemilihan Gubernur DKI

TEMPO.CO, Jakarta – Forum Aktivis 98 untuk Ahok mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat kembali berpasangan dan maju dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Mereka menilai kepemimpinan Ahok dan Djarot harus dilanjutkan.

“Kami meyakini Ahok-Djarot mampu melanjutkan cita-cita reformasi di DKI Jakarta, yaitu membuat tatanan kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di DKI Jakarta menjadi lebih baik,” ucap Taufan Hunneman, aktivis Aliansi Demokrasi Rakyat, dalam pernyataan tertulisnya, Rabu, 17 Agustus 2016.

Taufan mengatakan kinerja Ahok-Djarot selama ini sudah teruji dalam membenahi DKI Jakarta. Menurut dia, pemerintahan pasangan gubernur dan wakil periode 2014-2017 itu harus diteruskan karena akan memudahkan koordinasi ke depan lantaran sudah memiliki program bersama.

Taufan menilai loyalitas dan profesionalitas Djarot selama ini sudah terbukti dalam mendampingi Ahok sebagai Gubernur DKI. Djarot, ucap dia, adalah salah satu kader terbaik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Aktivis Pijar Indonesia, Sulaiman Haikal, berpendapat, pasangan Ahok-Djarot menerapkan pemerintahan daerah berdasarkan prinsip-prinsip good governance, sehingga pemerintahan menjadi efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. “Kami meyakini Ahok-Djarot akan melakukan semua itu secara sistemik,” ujarnya.

Sulaiman menuturkan majunya Ahok-Djarot dalam pilkada 2017 merupakan momentum tepat bagi warga Jakarta memperoleh pasangan ideal untuk melakukan pembenahan secara komprehensif, baik di sektor birokrasi, pelayanan publik, tata kota, maupun administrasi pemerintahan. Menurut dia, Ahok-Djarot dapat menjamin kemitraan yang kritis tapi tetap harmonis antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Forum Aktivis 98 untuk Ahok pun mendorong PDI Perjuangan mengambil momentum agar dapat mengusung Ahok-Djarot. Mereka berkeyakinan Ahok-Djarot akan piawai dalam mencapai konsensus politik dengan DPRD, sehingga stabilitas politik dan pembangunan di Jakarta terjamin.

Gerakan reformasi 1998 merupakan sebuah gerakan yang berisi aktivis mahasiswa sebagai pelaku sejarah dari gerakan reformasi 1998. Mereka terpanggil untuk melanjutkan semangat dan substansi gerakan reformasi 98 melalui sebuah Forum Aktivis 98 untuk Ahok atau yang disingkat FA 98 Ahok.

MAYA AYU PUSPITSARI